Friday, January 14, 2005

**ujian bukanlah akhir tapi awal dari perjuangan**

Bismillah...assalamu'alaikum smua...
Whooaaa.............senangnya ujian PPL dah selese. Urgh....rasa bete sempet hinggap (emang burung?) sehari menjelang ujian. Kebetulan yang Rabu itu ujian cuma bahasa Inggris. Kita bertiga--saya, Ine en Ela--bener2 sentimen dech pas hari Selasa. Bahkan cerita anak Kimia--yg ujian hari Selasa--sempet juga pada error. Klo ngomong ngga nyambung, mungkin saking kalutnya pikiran.
Ceritanya, pas Selasa pagi dtg ke sekolah, qta menyamakan persepsi lgi ttg apa2 yg harus dibawa besoknya. Oke, laporan individual udah (walaupun blm ditanda tangan), bikin silabus bwt ujian udah juga, laporan agenda harian en silabus saat penampilan juga udah. Terus, mumpung belum siang banget (qta janjian ma dosen tetap en dosen luar biasa jam 12-an) qta memutuskan untuk pergi ke kampus. Untungnya Ine bawa kendaraan, jadi qta ngga terlalu ribet. Alhasil, qta ke kampus. Ngurus2 bimbingan ma dosen bwt minta tanda tangan di FRS (jadi berasa fansnya artis neh), terus Ine ke gedung JICA krn ada janji ma orang, terus juga ngejilid laporan2 (sayangnya punya saya blm selese). Tau2 saat liat jam...haaa? Waduh dah hampir jam setengah dua belas neh. Qta pun cepet2 ke sekolah lagi. Ternyata dosen dari UPI dah di jalan dan dia pn memutuskan mo makan dulu berhubung beliau ngga mau klo kita bertiga ngga ada di sekolah saat beliau datang. Ya udah, kita pun pergi ke sekolah. Tapi....pas datang di sekolah jam 12-an, dah waktunya istirahat siang, bu dosen blm juga dateng. Qta nunggu dgn gelisahnya. Hhmm...mana ya ni dosen, takutnya kann dosen luar biasanya (guru pamong di sekolah) keburu ngajar lagi. Di misscall, di sms...semua udah. Qta masih nunggu aja tuh. Tengak-tengok kira-kanan di depan gerbang kayak mo nyambut bangsawan heuheuheu... Ya udah, qta tenang deh, qta duduk dulu di batu2 depan mesjid, kata Ela. Baru aja melepas beban, alhamulillah bu dosen dateng juga. Qta langsung ngumpul di lab kimia dan ngobrol2 ngalor-ngidul. Ngga penting banget gitu loh...tapi emang ini saat2 dimana qta hrs mengakrabkan diri kali ya? Maklum, ini pertemuan pertama qta bisa ngumpul semua. Setelah itu selese, qta pun pulang. YA ampuuunnn...cuma gitu doang? Aneh kalo qta inget gmn paniknya qta. Saat itu seh, saya ngga begitu panik ttg ngajar besok. Saya masih mikir2 alat peraga sayuran yang blm dibeli. Alhamdulillah...rasa gugup itu ngga begitu besar.
Nah...hari H-nya tiba. Pagi2 saya beli sayuran, tiba di sekolah jam 7.30-an, dan saya masih tenang2 aja. Pas jam sepuluh, ketemu dosen, waduh...udah deh yang namanya rasa ngga bisa dilukiskan lagi. Ampe saya mau jatuh pas ngasih map penilaian. Kata bu dosen, "Tenang...tenang...!" sambil senyum. Alhamdulillah, hari itu bisa dilalui dgn lancar. Anak2 cukup kooperatif pula. Mereka seneng2 aja pas saya bagiin TOP, sebagai ucapan terima kasih dah mo jadi responden (emangnya penelitian?) Ada lagi yang lucu, saya kan bilang ada PR bwt minggu depan. Tau2 pas mo keluar ruangan, anak yang di ujung nyamperin en nanya, "Bu...PR-nya beneran dikumpulin minggu depan?" Dan tawa pun membahana di seluruh kelas. Hahahaha.... (Saya sih tersenyum simpul doang...masa bu guru ketawa ngakak? Cukup orang2 tertentu aja deh yg liat saya kek gitu) :D
Ujian dah selese...ini bukan berarti selesai juga perjuangan saya to make my dream come true, justru titik awal menjemput takdir yang disiapkan Allah SWT. Saya hanya berharap, seperti dalam do'a2 yang saya kirimkan, semoga semua yg saya jalani mendapatkan ridhoNya.
Sebenernya ada beberapa hal yg menjadi obsesi saya. Bener dech, saya pengen banget gagasan2 dan obsesi bisa tercapai, tapi saya pasti akan capek klo itu bukanlah yg diinginkan Allah untuk saya. Sebagaimana seorang teteh pernah bilang, kalo Allah mo ngasih A tapi qt pengen B dan keukeuh peteukeuh..ngejar B maka Allah akan bwt qta capek dgn pengejaran itu. Tapi klo qta ridho dgn A dan berusaha menerima en menjalaninya, InsyaAllah, siapa tau itu adalah jalan yg Allah beri untuk bisa mencapai keinginan B, keinginan punya qta itu.
At last...welcome to the jungle of teaching-learning field!!!

No comments: