Wednesday, August 06, 2008

He's just my only Dad

“Pantes teteh belum nikah juga…mungkin karena sering membentak Ayah! Dosa itu!”

Gubrakz…. Oh, my God! Allahu Rabbi... Bener juga ya ucapan yang terlontar from my lovely mother ini?

Well, saya bukannya ga sayang sama beliau. Astaghfirullah al’adhzim.. Semoga Allah mengampuni saya.

Hanya saja, kadang Ayah saya tu gimanaaaaa gitu. Suka aneh… Hehehe

Pertama, beliau terlalu banyak ngatur saya.

“Teh, jangan nyimpen ini disana.”
"Teh, jangan terlalu banyak aktivitas di luar.”
“Teh, jangan aktif di partai *** Emang kamu mau dijadiin anggota DPR?”
"Teh, coba sih buku2 kuliahnya dibaca lagi, jangan main aja.”

Kedua, beliau selalu pengen tau urusan saya.

”Teh, ini apaan?”
"Teh, ini punya siapa?"
"Teh, ini buat siapa?”

Ketiga, beliau suka sengaja2 ngeganggu saya.

Suatu kali, saya pulang sore. Ada sebuah kue di atas meja. Saya pikir itu adalah kue bagian saya karena biasanya memang kita selalu dapat bagian.

Ayah : Teh, entos kue ieu can? (Teh, udah kue ini belum?)
Saya : Encan. (Belum)
Ayah : Embung? (Gak mau?)
Saya : Hayang. (Mau)
Ayah : Alim? (Gak mau?)
Saya : Hayang! (Mau!)

Ucapan yang terakhir itu keluar dengan sangat keras saya kira karena sebentar kemudian, Ibu keluar dari kamarnya dan bertanya, “Teteh tadi ditanya apa sih sama Ayah? Segitu kerasnya jawab. Istighfar, teh.”

Sebenarnya keluarga di rumah itu termasuk yang ga pernah berantem ataupun perang mulut. Terakhir saya melihat Ayah dan Ibu adu mulut kira2 waktu saya masih di SD. Itu berarti sekitar 15 sampe 20 tahun yang lalu. Ibu juga sering mengingatkan saya untuk berlaku lemah lembut pada Ayah.

Tapi, kadang ada sikap Ayah yang suka bikin saya gusar, jadinya saya suka agak2 bicara kasar deh ke Ayah. Lagian, Ayah tu kayak anak kecil yang berusaha nyari2 perhatian.

Apakah saya kurang ngasih perhatian pada Ayah? Sejak dulu bahkan hingga sekarang, saat usia saya di atas 25, Ayah selalu memberi banyak perhatiannya.

Ayah hampir selalu mengabulkan apa yang saya minta.

“Yah, tolong anter ke tempat ini.”
”Yah, tolong bawain itu.”
”Yah, tolong motor teteh dipindahkan ke dalam rumah”
“Yah, makanan ini buat teteh aja ya?
”Yah, tolong …
“Yah, tolong…
”Yah, tolong …
“Yah, tolong…
”Yah, tolong …
“Yah, tolong…

Kedua, beliau sangat sayang kepada saya.

Dulu, pas lulus SD saya disekolahkan ke pesantren dan Ayahlah yang mengantar ke sana. Mulai dari mencari lokasi, tes masuk, bahkan ketika saya menjalani tesa Ayah membelikan saya sebuah penggaris dan roti. Mungkin Ayah khawatir saya membutuhkan penggaris pada tes seleksi itu.

Ketika saya menjalani UMPTN pun, Ayah yang mengantar saya.

Ketika saya kuliah pun, Ayah selalu membantu saya mengepak barang jika liburan selesai. Beliau selalu bisa menjadikan barang bawaan yang banyak menjadi ringkas sehingga gampang dibawa.

Ketika pagi hari saat saya harus berangkat kerja, Ayah selalu menawarkan bubur yang beliau beli. Beliau tau saya jarang banget menyempatkan sarapan.

Beberapa waktu yang lalu, Ayah membawa sebatang cokelat. Beliau baru pulang dari mengunjungi saudara di Jakarta. Dan orang yang pertama kali ditawari cokelat itu adalah SAYA!


Ya, Allah…ampuni hamba. Banyak sekali hal yang telah Ayah lakukan dengan semua keterbatasannya. Ayah memang bukanlah Ayah yang sempurna… Ibu telah mengikhlaskan keadaan ini, kenapa saya engga, ya? Jadi ingat lagi ucapan Ibu, “Walau gimana, Ayah tetaplah orangtua teteh. Teteh harus hormat dan sopan.”

Allah….hamba tidak ingin berkata kasar pada Ayah. Hamba tidak bermaksud tidak hormat padanya. Berikanlah kekuatan pada hamba untuk menyayangi Ayah dengan segala keterbatasannya. Limpahkanlah kasih sayang-Mu pada keluarga kami, ya Allah…ya Rohman..ya Rohiim…



I LOVE you, Dad..


No comments: