Thursday, March 03, 2005

bagaimana komentar Anda???

Terik panas siang itu tidak menyurutkan langkahku untuk pergi ke LA. *What??? Roel is going abroad???* Heuheuheu :D ngga koq, roel cuma ke Lembah Anai, dan ini bukan tempat shooting sinetron laga lho. Ceritanya siang itu, roel mau beli makan. Kan panas banget tuh yak? Terus, roel ampe sipit2 gitu deh matanya. Niwei....pas dateng ke warungnya, walaupun dgn mata yg agak2 beradaptasi sama situasi yg lebih gelap, roel masih tetep bisa liat tayangan tipi.
"Bagaimana komentar artis tentang bla..bla..si anu..si itu.."
Euleuh....siang2 teh ngomentarin orang, ngga ada kerjaan kali, yak? Mending kaya roel, beli makan. Kan kenyang tuh :) Tapi, pas diliat lagi...cukup menyita perhatian roel yg lagi milih2 makanan. Jadinya, roel melirik juga deh ke tipi yang terpasang di dinding atas.
"Ya..kalo mau beristirahat dari ketqwaan silakan...mau ngga taat sama Tuhan yo monggo...." kira2 gitu deh salah seorang artis--yang skrg telah berkomitmen menggunakan jilbab--mengomentari keputusan artis tertentu.
"Ya...kita sih kasian aja sama dia..tapi itu memang urusan dia sama Allah." Yang ini kira2 komentar dari artis lainnya--sama2 menggunakan jilbab.
So what gitoo loch...! Mungkin itu yg terpikirkan, tapi roel punya beberapa lintasan yg sempat datang saat melihat kenyataan ini, kenyataan bahwa gosip or ghibah or apapun namanya memang ngga pernah (semoga belum) bisa hilang. Pertama, kenapa pula si artis ditanyain masalah itu? Katanya boleh klo qta membicarakan seseorang tetapi hrs dgn tujuan mencari solusi. Lalu, apakah itu bisa jadi solusi bwt artis yg lagi diomongin? Roel kira ngga. Si artis yg ditanya--roel kira mrk benar2 telah berubah--pasti ingin beramal kebajikan sebanyak mungkin, tapi dgn diwawancarai spt itu malah membuat mereka melakukan kegiatan yg seharusnya tidak dilakukan (ngomongin orang). Kedua, roel tetep seneng sama kesadaran artis2 itu ttg kewajiban menjaga aib sodaranya. Mereka ngga ngomong sembarangan yg bisa nyakitin seseorang, tp dgn cukup bijak mendo'akan semoga dia bisa kembali baik. *Ini juga kebingungan roel sih, soalnya pernah baca klo qta ngedo'ain org spy kembali ke jalan Allah bisa jadi itu juga ghibah..gimana dunks ne pa ustadz?? eh ada yg jd ustadz ngga ya?* Ketiga, roel pernah juga punya pengalaman diwawancara kek gitu *deu..serasa artis aja heuheuheu* sebenernya yg nanya tuh cuma adik tingkat. Selesai mentoring, dia nanya..."teh, boleh nanya tp ngga ada hubungannya sama materi ini?" Roel jawab, "boleh" Kalo dijawab ngga boleh kan ngga lucu ^_^ Terus dia nanya, persis kek pertanyaan wartawan gosip, "menurut teteh gimana ttg si fulanah?" Wah...awalnya roel ngga tau harus cakap apa. Tapi...jawaban roel juga hampir mirip kek jawaban artis2 di atas. Paling roel cuma nambahin bahwa sebaiknya qta ngga membuat itu jadi bahan ngomongin org, cukuplah itu membuat qta menghisab diri. Apakah qta sudah benar2 berusaha menjaga hidayah Allah ini? Apakah qta juga lebih baik dari dia?
Niwei...skrg tuh susah juga ya jadi kuin (kurang informasi) ttg hal yg remeh temeh gini. Si artis ini nikah sama siapa....si Artis itu berantem sama siapa...cerai dari siapa....rebutan harta gono-gini... Urgh....capek tau!!!!! Tapi, roel juga jawab ke adik itu klo pun qta nonton (soalnya di kostan ada tipi) jadikan itu sbg bahan u/ tausyiah. Informasi2 tsb benar2 menyadarkan qta nahwa gini lho kondisi masyarakat qta...masih spt ini lho umat yg membutuhkan uluran dakwah qta....
Semoga tulisan ini pun tidak menjadi amal buruk roel, hanya ingin berbagi cerita. Semoga bisa menjadi perenungan...

No comments: