Wednesday, June 02, 2004

rokok dan cewek

Apa arti dari kebebasan sebenarnya? Apakah saking bebasnya orang lain benar2 tdk boleh ngganggu kita? Terus diri kita ini punya siapa sih? Benarkah tidak yg berhak atas diri kita?
Menarik sekali menyelami artikel yg ada di Pikiran Rakyat tgl 31 Mei kemaren. Artikel itu ada di rubrik MIMBAR dan yg nulis anak FIKOM UNPAD. Artikel itu berjudul Rokok dan Perempuan. Loh, apakah ada hubungan antara rokok dan perempuan (roel jg cewek gitu loh!) Yang pasti, kalo iklannya emang suka nampilin cewek ya?
Back to the article, dia bilang ga ada salahnya kalo ada cewek yg milih jadi perokok. Masyarakat ga bisa menuduh cewek perokok sbg cewek yg ga bener, katanya. Dan masyarakat yg spt itu berarti mereka tidak berpikiran terbuka. Dia juga bilang, kita ga punya hak ngelarang krn dia sendiri yg merasakan buruknya efek rokok, toh tubuh dia sendiri yg akan rusak!
Roel sempet mengerutkan kening juga sih saat baca artikel itu. Apa ya maksud si penulis? Apa cuma mau bilang bahwa org yg berpikiran terbuka itu akan membiarkan org melakukan apapun? Terus klo saya ngingetin salah seorang temen untuk shalat, saya ga berpikiran terbuka donk? Padahal sih, kita hidup di dunia ini salah satu tugasnya ya saling ngingetin, inget isi surat Al-Ashr kan? Bahwa semua org termasuk dlm keadaan merugi, kecuali buat org2 yg saling ngingetin dalam kebaikan/kebenaran dan kesabaran.
Efek buruk dari rokok. Hm….emang klo ada org ngerokok kita ga kecipratan efeknya gitu? Saya pernah baca ttg second-hand smoke, artinya asap bekas org yg ngerokok dan orgnya disebut second-hand smoker atau lebih beken dgn nama perokok pasif. Namanya juga barang bekas, pasti dah ga bagus lagi dong. Yg originalnya aja ngerusak tubuh, apatah lagi yg bekas. Katanya asap yg dikeluarkan sama perokok itu lebih berbahaya dibanding yg dihisap sama perokok itu sendiri. Enak banget itu yg ngerokok, ya? Dia dah bagi2 penyakit dong…mending bagi2 uang. Roel mau tuh jd penerimanya. Gedubrak…
Roel pernah ngasih saran bwt temen di kampus. Kalo emang mereka mau ngerokok—dengan dalih kebebasan—sono ngerokoknya sendiri aja, kita jg punya hak dan bebas untuk dapetin udara seger dong?. Kalo perlu beli plastik keresek item dan ngerokoklah di dlm plastik itu supaya asapnya ga ada yg kebuang. Kan sayang tuh. Lucu kali, ya klo liat org2 pada pake keresek item di wajah dan mondar-mandir di jalanan. Ha..ha..ha..LOL
What I wanna say is…jangan berdalih kebebasan untuk melegalkan apapun yg kamu lakukan. Kalo emang kamu yakin ga akan ganggu org krn rokok kamu, yo weis..silahkan aja. Dan mungkin saran ®oel bisa tuh digunain…mumpung belon di patenkan hehehe 
Hidup memang dijalanin oleh kita sendiri. Kitalah yg akan menentukan sukses or gagalnya hidup kita. Tapi…(dan akan selalu ada tapi ) kita ga akan hidup klo ga ada yg ngasih hidup itu sendiri. Kita ga akan hidup klo ga ada yg ngasih oksigen bwt dihirup. Kita ga akan hidup klo ga ada yg ngasih jantung yg berdetak. Speaking of which, siapa sih yg dah ngasih itu semua-mua bwt kita? ®oel ga usah deh sebutin..kamu semua pasti dah tau, kan?
Ya..hidup emang pilihan dan hanya bener2 manusia lah yg akan milih kebaikan. Ga akan ada dong org yg milih berdiri di tengah jalan dan mati seketika krn ditabrak truk, kalo dia emang bener2 manusia sejati?
Manusia sejatilah yang pantas hidup, dan bukan org yg merasa punya kekuatan untuk menggugat TUHAN hanya krn ngerasa apa yg DIA wahyukan tidak sesuai dgn yg kita mau. (paragraf yg ini sbg reaksi stlh ada tmn yg cerita si Ulil Abshar ngomong something stupid ttg Tuhan di acara kmps)
PS: fur all my knights at home…please stop smoking!

No comments: