Monday, October 18, 2004

Ramadhan 4

Menghadapi Ramadhan selalu ada yang menyesakkan dada. Apakah saya bisa melewatinya dgn baik or malah menyia2kannya (semoga engga). Satu yang pasti, tiap Ramadhan has its own story. Duluuuuu banged, waktu saya masih culun2nya (skrg seh agak mendingan :D) yang ada di pikiran itu cuma lebaran en ngabuburit. Bakal dapet duit berapa lebaran ntar. Atau keliling alun2 cuma bwt nunggu suara meriam (yg bakal nyala klo pas buka). Saya inget klo ternyata saya ga bisa namatin puasa walaupun dah kelas 6 SD (klo ga salah seh) Aneh, kan? Klo jaman skrg mah, anak TK juga dah bnyk yg bisa shaum penuh. Alhamdulillah...setelah dewasa *uhuk..uhuk..* saya jd ngerti apa itu arti Ramdhan. Katanya Ramdhan itu bulan penyucian diri or bulan latihan bwt menghadapi sebelas bulan ke depan. Ternyata? Net not... itu pandangan yg ga mendalam (at least menurut saya). Sebenernya, klo kita tau gmn cara Rasulullah menghadapi Ramadhan wuih...bakal malu kite. Beliau tuh dah nyiapain diri sejak dari bulan Sya'ban. Dah memperbanyak ibadah juga. Jadi Ramadhan itu bukan lagi bulannya latihan, tapi waktunya kita bertarung. Dan hasil dari pertarungan itu, klo kita menang, bakal keliatan di sebelas bulan berikutnya. Setelah Ramadhan, klo kita masih aja begitu2 juga, ga ada peningkatan diri, boleh jadi Ramadhannya ga bermakna. Jadi..it's a mistake klo bnyk org yg berubah cuma pas Ramadhan. Ini teh nyembah 4JJI or Ramadhan? Klo emang kita niat berubah, ya... ga usah nunggu Ramadhan. Setiap org punya momentum yg berbeda, bisa pas Ramadhan, pas ulang taun, pas taun baru or di sepertiga malam, or abis tilawah Qur'an. Every person has his or her own momentum to change. Nah...org2 tuh bnyk nyang gunain Ramadhan bwt berubah, but...after Ramadhan? Whuuuus terbang menghilang entah kemana kebaikan2 yg telah tertanam itu. Sebenernya ini sih tausyiah bwy saya pribadi. Abis setelah empat kali Ramdhan terlewati di masa2 dewasa, tetep aja seorang ®oel ga bnyk berubah. Masih agak2 males *agak?* Masih juga moody. Masih juga jarang nepatin target. Pokoknya masih bnyk masih2 yg lain. Dan Ramadhan kali ini, saya....berjanji....untuk bener2 gunakan kesempatan yg 4JJI kasih sebaik2nya. Siapa tau taun depan ga bakal ketemu RAmadhan lagi, iya kan? Apalagi stlh denger proses hijrahnya Ali Musthafa dan semangat dia dlm mencari ilmu Islam... bener2 deh...saya hrs segera back to 4JJI.
PS: Ntar saya posting hasil wawancara dgn Ali Musthafa. BTW, siapa Ali Musthafa itu? Ga lain dan ga bukan Ali mantan petinju eh...heuheuheu bukan deng, Ali mantan personil COBOY. Buat kamu generasi 90-an pasti tau, ya grup COBOY? Just wait and see..

No comments: