Tuesday, November 30, 2004

si Forrest Gump

Bismillah.... Assalamu'alikum...
At last....akhirnya saya bisa bernafas lega karena proposal yg lama dinanti beres juga. Sbenernya saya suka bingung, saya ni niat ngga seh nyelesein skripsi? Dan saya memang niat...Insya4JJl. Makanya ntu proposal bisa beres, niwei...saya butuh doa kamu semua nih spy saya semangat terus, ya..ya...plissss? Hidup skripsi (?) *garuk-garuk kepala yg ngga gatel*
Saya baru aja nonton Forrest Gump *hayooo, ketauan neh suka nonton.. :D* (Yup..tulisan ni dibuat malem2. En skrg kayaknya dah mau pergantian tanggal tuh.) Duluuu banged, pas pertama muncul Forrest Gump, katanya film ini bagus. Keren abiz kata anak muda zaman ayuena mah. Pan dapet Academy Award ama Golden Globe. However, berhubung zaman itu saya masih tinggal di desa, ke sekolah (SMP apa SMA, ya?) pun masih jalan kaki plus ngga ada bioskop (kesian amat, yak?) jadi saya harus mengubur hidup2 keinginan nonton ntu pelem. Fortunately, di kost-an ada tipi, jadi pas ada iklan pelem yg terkenal dgn "Life is like a box of chocolate"-nya, saya niatin benged spy bisa nonton. Apalagi Metro TV janjiin ngga bakal ada iklan yg ganggu--tapi Headline News-nya iya. Well..well..well...bisa aja, yak mereka tu bikin cerita. Semangat si Forest yg ngga ada matinye bener2 bikin saya malu *nunduk dalam-dalam* Tapi...sebagus2nya pelem Barat..teuteup...ada hal2 yg ga pantes diliat. Saya jadi nunduk lebih dalam deh ^_^
Selama ni pelem muter, saya sempet nulis beberapa kalimat yg bagus. Dan ini bisa jadi inspirasi bwt saya pribadi.
"Life is like a box of chocolate. You never know what you're gonna get."
Ini omongan si ibu ke Forrest kecil. Kali maksudnya bahwa kita tuh hrs terus berusaha untuk nemuin takdir kita. Kita pan yakin banged, yak klo 4JJl dah nentuin our destiny, tapi Dia juga mewajibkan kita spy berikhtiar. Nah...saat kita ngambil coklat dari wadahnya, kita pan ngga tau rasa apa yg bakal didapat (yg pasti rasa coklat *_^) Begitu juga ma hidup ni. Ikhtiar yg kita lakukan diibaratkan dgn ngambil coklat dari wadahnya dan kita ngga tau takdir apa yg menyambut kita sampai 4JJl memberikannya bwt kita. Caiyo...c'mon find your destiny.
"You have to do the best what God gave you."
Ini masih omongan ibunya Forrest. Scene-nya lupa tapi ini emang bener. 4JJl dah ngasih kita nikmat yg ngga terhingga. "Maka nikmat 4JJl mana lagi yang kamu dustakan?" So...do the best for your life. Tapi...jangan lupa ye..niat tuk raih ridho-Nya!!"
"You have to put the past behind you before you can move on."
Ini juga teuteup..masih kata2 ibunya. Whoaa..senangnya having a mother like her (dengan tidak mengurangi rasa hormat dan sayang saya bwt my only mother lho!) Maksud yg bisa saya pahami dari kalimat itu adalah bahwa kalo kita mau maju, kita jgn terpaku sama masa lalu. Kalo dulu kita ngga rajin...yo wiss..itu kan dulu (bener niih? LOL) Kalo dulu kita suka diledekin..ya skrg toh masih bisa nafas, ya kan? Ngga ada guna menyesali diri, hidup itu kan menjalani masa depan. Masa lalu harusnya bisa jadi pelajaran, bukan bwt disesali.
Saya jadi teringat salah seorang dosen saya. The point of her lesson is that literature (in any form) can change society's values. Dulu, yg disebut cantik itu mungkin yg item maniz (kaya saya...ups, bohong banged ^_^) Soale kulit org Indonesia emang warnanya gitu. Tapi setelah kita dibombardir (ngga kerasa, yak klo dibombarir?) sama iklan2 pemutih..maka paradigma masyarakat pun berubah. Yang namanya cantik itu harus berkulit putih. Nah lho. Terus klo emang dari sononya item? Ya..paling jadi korban iklan (hayo..ada yg ngerasa ngga?) Atau...gimana menurut kamu org2 yg punya mental disabled (baca: yg punya IQ di bawah normal)? Pasti ngga jauh2 dari sosok Cecep or si Yoyo, iya kan? Itulah, film benar2 bisa mengubah cara pandang--bahkan nilai2 yg ada di masyarakat. Saya punya impian. Suatu saat, jajaran 21 bakal dipenuhi film berkualitas yg bisa memengaruhi masyarakat menjadi komunitas yg lebih baik lagi. Lebih peduli sesama, lebih mengorbankan kepentingan sendiri bwt org laen, dan lebih banyak berbuat baik lagi. Bukan film seperti AADC, EIiL, atau BCG atau Virgin yg banyak ditonton setelah film Indonesia menemukan nafasnya kembali. Bukan..dan saya berharap saya mempunyai kontribusi dalam syiar Islam lewat hal ini. Aamiin...
PS: heran deh, masih ada aja org yg membela diri bahwa sebagian dari film2 yg saya sebutkan itu punya muatan pendidikan seks. Plis deh gitoo lho...ngaca dunks!

No comments: